Rabu, 08 Desember 2010

psikologi belajar di 2010, berakhir...

...kami sebagai pengampu mata kuliah ini berharap bahwa materi perkuliahan yang adinda dapat selama ini, sesungguhnya sesuatu yang sangat membumi dan dapat dijelaskan dari apa yang kita dapat dikeseharian kita. Melalui mata kuliah Psikologi Belajar ini, kami berharap adinda semakin meyakini bahwa seumur hidup ini tak akan terhindar dari proses belajar.
Semoga bekal yang sedikit dari mata kuliah ini , mampu menjadi modal untuk keberhasilan adinda semua menjalani kehidupan yang penuh dengan dinamika.

Dan sebelum menjalani UAS, silahkan posting di komen bagian ini segala masukan, kritik serta pesan dan kesan yang adinda rasa perlu sampaikan. Karena kualitas kami dalam memberikan materi dikemudian hari juga dipengaruhi oleh umpan balik adinda semua.

Mohon maaf untuk semua keterbatasan yang ada.
Selamat menjalani UAS, semoga semua lancar dan sukses.

Selamat menyambut Tahun Baru 2011.

regards,
fd-isd

11 komentar:

  1. Secara umum, saya merasa mata kuliah Psikologi Belajar ini sangat menyenangkan, baik ketika dengan Bu Ika maupun dengan Bu Dina. Mata kuliah ini adalah pengalaman pertama saya menjadi komting. Baik Bu Ika maupun Bu Dina telah sangat bersabar dalam mengajari saya yang kurang berpengalaman ini. Demikian pula dengan teman-teman yang sama-sama mengambil mata kuliah ini.
    Dalam proses ini, saya telah belajar banyak baik yang berhubungan dengan materi pelajaran maupun diluar materi pelajaran.
    Semoga ke depannya, kita semua bisa berproses dengan lebih baik lagi.
    Makasih :D

    BalasHapus
  2. Saya menikmati mata kuliah ini dan banyak hal yang saya dapatkan dari perkuliahan ini. Dimana materi-materinya sangat dekat dengan kehidupan kamisebagai mahasiswa.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  3. Kesan saya mengikuti perkuliahan ini....
    sebuah pengalaman mengikuti kelas kecil seperti kuliah psi belajar. dimana perkembangan saya sangat mudah diamati dosen sehingga memotivasi saya belajar lebih baik.

    Kritik....
    Ketika melakukan sistem online, lebih mudah apabila menggunakan fasilitas wifi kampus. namun wifi kampus yang terbatas agak menyulitkan penggunaan sistem online.

    BalasHapus
  4. menurut saya perkuliahan ini cukup menarik, karena dengan metode belajar yang sedikit berbeda dari perkuliahan yang lain.
    karena kita pake sistem onlinenya maunya wifi dan jaringan internetnya di perbaiki.

    BalasHapus
  5. waaaaaaaaaaaah....... >o<
    tidak terasa sudah satu semester bersama psikologi belajar...
    banyaaaaaaak kali kesan yang didapat dari perkuliahan ini..
    baik bu Dina maupun bu Ika memiliki cara mengajar yang berbeda-beda...
    dan sama-sama memiliki keefektifannya masing-masing.
    di mata kuliah lain saya jarang mendapatkan diskusi secara online seperti dimata kulianh ini..

    secara keseluruhan metode belajar dikuliah ini sudah baik...
    hanya saja mungkin kekurangannya, mahasiswanya masih kurang "agresif" dalam aktivitas diskusi saat presentasi..
    semoga baik Dosen maupun mahasiswa dapat meningkatkan kualitasnya ke depan...
    SEMANGAT !!!

    BalasHapus
  6. Terimakasih juga saya ucapkan kepada Dosen pengampu matakuliah Psi. Belajar, memang, bahwa sepanjang kehidupan manusia, akan selau dan terus belajar. Semoga yang saya dapatkan dalam matakuliah ini, bukan hanya sekedar teori, tetapi saya dapat memahaminya dalam setipa aktivitas hidup saya.

    kritik saya : waktu / jam pelaksanaan kuliah kurang tepat (yakni pukul 14.00)

    Saran : Mungkin untuk setiap mata kulaih dibawah departemen Pendidikan, lebih baik kalau masuk pagi bu..
    :)
    heheheh

    BalasHapus
  7. Banyak sekali pengalaman-pengalaman baru yang saya dapatkan dalam mata kuliah Psi Belajar ini, Bu. Pengalaman-pengalaman tersebut dapat memberikan pelajaran buat saya dan juga membuat saya lebih termotivasi untuk memberikan yang terbaik.
    Dan dari materi-materi yang telah dijelaskan baik oleh Bu Ika dan Bu Dina sangatlah bermanfaat bagi saya, atas penjelasan dari Ibu dosen saya dapat lebih jauh mengenal teori-teori belajar yang ada. Dan mungkin dari beberapa teori yang dikemukakan dapat saya taplikasikan dikehidupan saya, sehingga saya lebih termotivasi lagi untuk belajar.
    Baiklah saya sangat mengucapkan banyak Trimakasih kepada Bu Dina dan Bu Ika yang telah membimbing kami selama belajar di mata kuliah Psi Belajar ini.
    Buat teman-teman selamat menghadapi UAS dan Selamat menyambut Tahun Baru 2011 :)

    BalasHapus
  8. kesan saya selama mengikuti kuliah psikologi belajar cukup menyenangkan. Di samping saya bisa mengetahui ternyata kegiatan belajar yang saya jalani sekarang merupakan aplikasi dari teori belajar.Banyak pengalaman dan pelajaran yang bisa saya ambil dari mata kuliah ini, mulai dari kelompok presentasi, kegiatan kunjungan ke TK, UTS yang bersifat Take home, dan TO online. Belajar menjadi lebih dewasa itu pelajaran paling utama yang saya petik dari mata kuliah ini. Satu hal yang paling saya salut adalah pemanfaatan dunia maya (melalui blog)dalam proses belajar dan kuliah. Semoga ke depannya akan lebih baik lagi.
    Terima kasih buat Ibu Dina dan Ibu Ika dan teman-teman yang telah bekerja sama selama mata kuliah ini.

    BalasHapus
  9. Mata kuliah ini cukup menarik karena kami dapat memperdalam teori-teori yang pernah dipelajari sebelumnya dan juga mengenal teori yang belum pernah dipelajari.
    Terima kasih kepada Bu Ika dan Bu Dina atas bimbingan selama proses mata kuliah selama 1 semester ini. Mudah-mudahan untuk proses kedepannya, kita semua dapat menuju ke arah yang lebih baik. :)

    Terima Kasih.

    BalasHapus
  10. secara keseluruhan saya sangat menyukai kuliah psikologi belajar karena darisini saya bisa mendapatkan pengetahuan tentang teori-teori belajar, dan saya bisa mengetahui sebenarnya dalam kehidupan sehari-haripun kita sudah melakukan semua teori belajar tersebut. dan darisini semoga apa yang saya dapatkan dapat saya aplikasikan juga ke kehidupan sehari-hari saya sehingga dapat nantinya dapat menjadi pengajar yang baik.
    mungkin sedikit kritikannya karena ujian yang dilakukan secara online sehingga banyak semua harus dipersiapkan, dan terkadang wifi yang kurang bagus dll.
    tapi saya cukup menikmati kuliah psikolog belajar.
    :)

    BalasHapus
  11. pengalaman belajar di kelas psikologi belajar sangat menarik dan berkesan bagi saya, baik itu dengan Bu Ika maupun dengan Bu Dina. Keduanya merupakan dosen yang jago dalam mengajar dan juga sangat friendly secara personal :)

    Banyak yang saya dapat dari mata kuliah ini, terutama dari metode bel;ajarnya yang banyak menggunakan bantuan teknologi. Kuliah ini secara tidak langsung telah meng-upgrade pengetahuan saya di seputar dunia, maya.. bahwa internet tidaklah hanya untuk fun saja ataupu entertainment saja, namun juga dapat dijadikan saran pembelajaran.

    terima kasih yang sebesar-besatnya kepada dosen pengampu mata kuliah ini, semoga kita dapat bertemu di mata kuliah yang lain :)

    BalasHapus