Kamis, 02 Desember 2010

...pamungkas di TO online 1

....jika kalian semua diberi kesempatan membandingkan antara ujian dengan konvensional (menulis pada lembar jawaban), kemudian ujian dengan cara online, apakah kekurangan dan kelebihan yang dapat kalian jelaskan? Tentunya tetap diuraikan berdasarkan teori belajar.
Untuk jawaban ini masih harus diposting di blog masing-masing dan harus selesai sebelum pukul 15.30 wib

At last...tolong posting komentar dibagian posting ini (setelah kalian selesai menjawab semua) berkaitan dengan apapun yang ingin kalian ekspresikan dari proses TO online 1 ini. Semoga di TO 2 kita bisa lebih optimal.

Terima kasih,sampai ketemu di TO online 2:)

17 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Bu, proses ujian online cukup menyenangkan. Dari sini saya memetik pelajaran untuk lebih matang lagi persiapannya supaya di TO yang berikutnya bisa memberikan hasil yang maksimal. Karena ini baru pertama kali ujian online jadi saya masih butuh adaptasi dengan ujian ini. Overall, semuanya berjalan lancar.
    saran : mungkin lain kali kita boleh bawa cok sambung, bu, jaga-jaga kalau kehabisan baterai. ^^
    Good luck buat semuanya di TO online 1 ini dan TO online 2 mendatang.

    BalasHapus
  3. ujian memang menyenangkan jika seandainya saya sudah menyiapkan semaksimal mungkin, tapi dikarenakan keelalaian saya sehingga saya agak gugup, dan membuat saya ketinggalan terus, dimana saya berpikir soal kedua belum diposting ternyata sudah diposting, tapi secara keseluruhan saya senang dan berharap TO online 2 nanti yang bisa lebih menikmati ujian...
    good luck buat semua teman-temanku...
    :)

    BalasHapus
  4. ok winda, thanks...
    yang pasti harus diantisipasi juga jika listrik padam :)

    so far jawabanmu relatif baik...
    tapi terus tingkatkan persiapanmu ya..

    take care

    BalasHapus
  5. Menurut saya, ujian online cukup menyenangkan. Keterbatasan waktu membuat kami harus lebih bisa memutar otak berhubungan dengan teori yang sudah dipelajari. Bila kami tidak sepenuhnya memahami tidak mungkin hal ini bisa dilakukan. Oleh karena itu, pemahaman mengenai materi benar-benar diuji disini. Hanya saja, untuk TO berikutnya, saya benar-benar harus memastikan keadaan laptop saya untuk mengantisipasi baterai yang tiba-tiba drop.

    BalasHapus
  6. Oc,bu.. Terima Kasih bu atas masukannya^^

    BalasHapus
  7. Great...
    thanks all.
    yang udah posting komen, tapi saya belum sempat komen di masing-masing effortnya harap sabar...
    saya akan lakukan untuk semua, sebelum TO 2 berlangsung.
    dan belajar jugalah dari masukan tersebut.

    khusus untuk Dita seorang..tolong setting komennya diperbaiki. saya tidak bisa komen di postingmu.
    thanks

    sukses buat semua:)

    BalasHapus
  8. Menurut saya, ujian online ini menyenangkan. Dalam ujian online ini saya mendapatkan pengalaman baru. Tapi karena saya kurang persiapan membuat saya gugup dalam mengerjakan soal-soalnya. Meskipun ini hanya TO sebenarnya perlu persiapan juga. Dan saya berharap saya dapat lebih memperiapkan diri lagi secara maksimal untuk TO berikutnya.

    BalasHapus
  9. Waduh,cukup membuat saya gemetaran, akibat terputus dengan koneksi.

    paling tidak,tetap menyengkan, dan cukup unik untuk tetap dikembangkan dan dilanjutkan lah bu..
    :)

    Thankx

    BalasHapus
  10. Uji coba ujian online kali ini cukup menyenangkan dan bermanfaat untuk ujian UAS nantinya. Namun sebenarnya saya sendiri masih kurang persiapan. Untuk TO online 2 dan seterusnya, mudah-mudahan saya dan teman-teman lainnya bisa lebih mempersiapkan dengan lebih baik dalam hal persiapan materi maupun sarana yang digunakan.

    BalasHapus
  11. Bu, saya sangat tertarik dengan ujian secara online. Saya setuju apa yang dikatakan winda, kendala yang paling besar menurut saya apabila koneksi terputus, dan batrei laptop habis. Saran saya juga hampir sama dengan winda, mungkin lebih bai kita membawa cok sambung, sehingga apabila habis batrei kita dapat langsung mengecasnya, tanpa perlu jauh-jauh mencari sekring yang ada.
    Untuk teman-teman semangat ya untuk ujian berikutnya! :)

    BalasHapus
  12. ...hayolah kita mencari formula terbaik..
    yang penting terus belajar dan berani mencoba serta jangan takut mengevaluasi untuk memformulasi ulang agar semua menjadi lebih baik...:)

    BalasHapus
  13. sangat mendebarkan.....
    mungkin ini yg kedua kali bagi saya bu, setelah kemarin paedagogi jg ada batasan waktu dalam memposting tugas..
    tp ini dilakukan individual, sehingga tetap meninggalkan kesan mendalam...

    semoga juga dengan dimulai dari mata kuliah ini bisa "menjalar" ke mata kuliah lain bahkan kalau bisa "menjalar" keseluruh indonesia.
    sehingga mahasiswa psikologi ataupun masyarakat bisa "melek" akan perkembangan teknologi.

    terima kasih bu, atas metode ini, saya jadi lebih sigap...
    teman2 lain diluar psikologi belajar bahkan banyak yang "iri" dengan metode belajar yang diterpakan disini..
    :)))

    -dean-

    BalasHapus
  14. ...untuk semua ini diperlukan 'kesiapan'...
    dan tanggung jawab bersama...

    dan jawaban itu semua juga berada di tangan kita bersama...

    kita sudah memulai, dan mustinya kita bisa pelihara dan tingkatkan dan sebarkankan...

    semoga menjadi suatu kebaikan..

    amin

    BalasHapus
  15. Menurut saya ujian ini sangat menyenangkan, karena merupaka metode yang baru. lebih bisa mengutarakan dan mengeksplorasi lebih banyak tanpa harus capek-capek menulis tangan, hehehehe.
    Tapi kendala yang besar kalau jaringannya mati bu, untung saya bawa modem jadi saya bisa pake modem bu.
    Pokoknya serulah bu ujian online ini

    BalasHapus
  16. menurut saya ujian online sangat menantang saya dalam berpikir cepat. Saya termasuk orang yang tidak "instan" dalam menulis, karena saya biasanya berpikir dua kali, dan banyak "menghhapus-hapus" sebelum benar-benar menuliskannya. Kendalanya sih mungkin di waktuu yang dibatasi, dan koneksi wifi yang terkadang putus-nyambung. dan yang satu lagi, tidak adanya "notification" akan adanya soal baru membuat saya belama-lama dalam menjawab soal sebelumnya. hhehe. mudah-mudahan TO ini dapat membantu saya untuk lebih bergiat menegerjakan di ujian yang sebenarya :D

    BalasHapus
  17. "Cukup menegangkan dan melelahkan".
    Mungkin karna masih perlu beradaptasi dan masih perlu waktu untuk melakukan proses kognitif yaitu equilibration (ekulibrasi)pada metode ujian seperti ini.

    Masih banyak stressor dan hambatan yang dihadapi secara tiba-tiba dalam melakukan pelaksanaan ujian online seperti ini.
    Misalnya laptop bisa tiba-tiba mati /lowbat dan belum melakukan save , maka semua data yang seharusnya sudah selesai, bisa hilang dan nantinya bisa menghambat siswa itu sendiri dalam mengejar waktu yang terbatas dalam pelaksanaan ujian. Begitu juga dengan masalah modem, yang bisa saja memilki sinyal yang tidak maksimum sehingga menghambat pengiriman postingan jawaban ke dalam blog.

    Namun bagi saya ini merupakan sebuah pengalaman dan proses pembelajaran yang baru bagi saya. Selain memberikan suasana baru akan sebuah metode ujian namun juga sangat mengasah proses kognitif dalam menganailisa,menghubungkan informasi, dan melakukan upaya agar proses pengerjaan jawaban bisa terjawab dengan cara cepat dan tepat. Segala usaha ini memberikan manfaat bagi diri saya sendiri.

    BalasHapus